Fabio Quartararo Menangi MotoGP Andalucia Rossi Podium Ketiga

Posted on

Fabio Quartararo Menangi MotoGP Andalucia Rossi Podium Ketiga – Fabio Quartararo kembali menjuarai MotoGP seri Andalucia yang digelar di sirkuit Jerez Spanyol hari ini. Melenggang tanpa halangan sejak start, Quartararo menang mudah. Podium dua diduduki oleh Maverick Vinales dan Valentino Rossi meraih podium 3. Hari ini rider Yamaha menyapu bersih podium. Marc Marquez kemarin sempat dinyatakan fit untuk balapan setelah menjalani operasi patah lengan pasca jatuh di Jerez minggu lalu.

Fabio Quartararo Menangi MotoGP Andalucia Rossi Podium Ketiga

Fabio Quartararo Menangi MotoGP Andalucia Rossi Podium Ketiga

Namun Marquez memutuskan absen balapan minggu ini dan memilih untuk memulihkan kondisinya dahulu. Alex Rins dan Cal Crutchlow yang sama cedera minggu lalu, kembali balapan minggu ini. Pembalap paling happy hari ini tentu Valentino Rossi. Minggu lalu di Jerez, The Doctor gagal finis setelah motornya mogok. Ia membalas hasil buruk itu dengan meraih podium ketiga. Podium ini sekaligus merupakan podium ke 199 kali untuknya selama berkarir di kelas premier. Balapan terdiri dari 25 lap dan balapan ini merupakan balapan terpanas selama digelar di Jerez.

Terpanas dalam arti sebenarnya ya, kondisi trek mencapai 60 derajat. Pecahkan telur di trek, langsung mateng tuh telur. Valentino Rossi memulai balapan dari posisi 4. Selepas start, Quartararo merangsek ke depan. Tumben Rossi start sempurna dan merangsek ke posisi dua. Vinales yang ada di posisi 3 mengejar Rossi buat posisi dua. Jarak Rossi dan Vinales tipis saja. Sementara di posisi 4 ada Pecco Bagnaia yang membayangi. Lap ketiga, Quartararo makin melaju di depan dan Vinales masih menempel ketat The Doctor. Vinales nyaris lewati Rossi dari sebelah dalam namun tidak berhasil.

Lap kelima, jarak Quartararo dan Rossi terpaut 2,8 detik. Tak mungkin untuk menyalip, Rossi lebih baik mempertahankan posisinya dari incaran Vinales. Lap kesembilan, Miller yang sukses lewati Bagnaia, kini mengincar posisi Vinales. Tapi Bagnaia malah yang berhasil overtake Miller. Bagnaia gaspol mengejar Vinales. Entah apa yang terjadi dengan Vinales, ia melambat dan mudah saja dilewati oleh Bagnaia, Miller dan Morbidelli. Lap kesebelas, Jack Miller jatuh dan out dari balapan. Bagnaia menempel ketat Rossi dan sukses lewati dari sisi sebelah dalam. Rossi ketiga sekarang. Sementara jarak Quartararo ke Bagnaia terpaut 4,6 detik. Quartararo bisa kali ngopi ngopi ganteng dulu.

9 Lap Tersisa Vinales Ngajak Rossi Duel Lag Berebut Posisi tiga

Lap ketigabelas, Morbidelli ancam Rossi buat posisi 3. Tahun depan Morbidelli kemungkinan besar akan satu team dengan Rossi di Yamaha Petronas SRT. Sayang di lap keenambelas, Morbidelli apes. Motornya bermasalah dan mogok. Morbidelli out dari balapan. Terlihat Vinales sabar mencari celah dan Rossi juga pintar menutup racing line. 7 lap tersisa, gantian Pecco Bagnaia yang kena apes. Asap tebal keluar dari knalpot motornya tanda mesin motornya bermasalah. Nggak perlu menunggu lap usai untuk Bagnaia keluar dari trek.

Bagnaia kesal luar biasa. Lagi posisi 2 kok mogok. Tapi Andalucia memang penuh drama, selain motor mogok, banyak juga pembalap yang jatuh dan gagal finis. Keluarnya Pecco membuat Rossi naik ke posisi dua dan Vinales naik ke posisi tiga. Podium di depan mata. Namun Vinales tak mau finis ketiga. Ia kejar dan temple ketat Rossi. Sampai beberapa lap, Vinales tak mau menjauh dari Rossi. 2 lap tersisa, Vinales melihat celah di sisi dalam dan coba menyalip. Tapi Vale pertahankan posisi.

Sayanggggg di sektor terakhir Rossi melakukan kesalahan dan melebar hingga mudah saja diovertake Vinales. Dohhhh aki-aki ini. Vale tak punya kesempatan untuk melawan karena keburu lap terakhir dan Vinales juga terlalu kuat. So Quartararo melenggang aman ke finis, diikuti oleh Vinales di posisi dua dan Rossi happy podium ketiga. Tim Yamaha happy karena tim pabrikan dan satelit melengkapi podium. Terlihat Lin Jarvis tertawa lepas. Rossi pun sama meluapkan kegembiraan dengan melakukan selebrasi naim ke pembatas gravel dan teriak-teriak ke Marshal, ya abis penontonnya nggak ada hehehehe.

Congratulations Rossi, moga podium kali ini bukan karena kebetulan yes. Kebetulan Marquez nggak ada huehehe. Berikut adalah hasil selengkapnya seri Andalucia dan posisi di klasemen sementara. Fabio Quartararo memuncaki klasemen sementara. Jagoan buat juara dunia nih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *